Remaja, Recycle dan Reduce


Pada bulan Maret lalu, sekolah mendapat kesempatan untuk maju dalam tingkat yang bertaraf nasional. Lomba tersebut merupakan salah satu cara untuk remaja berpartisipasi aktif dalam penghijauan lingkungan, baik itu di sekolah maupun sekitarnya melalui recycle dan reduce (baca: daur ulang dan pengurangan sampah). Lomba Eco Youth, mendapat sambutan istimewa, khususnya dari anak KIR (Karya Ilmiah Remaja). Saya yang saat itu menjabat sebagai ketua KIR, mengajak partisipasi aktif dari semua siswa di sekolah.
Ada yang mendukung dan ada juga yang menolak, memang itulah kehidupan. Mereka yang mendukung, memang ingin dua tujuan utama yaitu sekolah bisa menang dan juga turut menghijaukan lingkungan. Ibarat pepatah, “Sambil mendayung, dua tiga pulau terlampaui.” Siswa yang menolak berterus terang kepada saya dengan mengatakan, “Dhik, untuk apa sih buat green house segala? Paling kalau lomba sudah kelar gak ada yang ngerawat lagi.” Saat itu saya berkata dengan pasti, “Karena sekolah kita cinta lingkungan green house itu pasti akan terawat.” Saya merasa waktu berkata seperti itu, saya sombong sekali.


Akhirnya saya kecewa dengan kata-kata yang telah saya ucapkan tempo itu, karena bisa dilihat yang terawat sewaktu masa lomba dulu, sekarang sudah tidak ada yang peduli lagi, sehingga banyak gulma yang tumbuh disekitar tanaman lainnya. Sedih, bukan saya tujukan pada teman-teman KIR yang sudah tidak aktif seperti dulu semasa lomba. Melainkan rasa sedih itu saya tujukan pada diri saya sendiri, karena saya sudah tidak bisa lagi berdiskusi dengan teman-teman KIR seperti biasanya karena harus fokus pada ujian nasional. Sehingga mungkin banyak hal tentang penghijauan terabaikan.
Setelah ujian sekolah ini, ada tekad yang harus segera dilaksanakan. Tekad yang sudah dibulatkan sejak lama yaitu tetap menjadikan sekolah hijau dan menjadikan green house itu tetap terawat. Bukan lagi karena lomba, melainkan karena balas budi pada alam yang telah merawat kita, sampai kita masih bisa hidup dan berpijak pada bumi untuk hari ini. GO GREEN Indonesia!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Happy Birthday Achir, Neo dan Nico

Bersiap untuk Kelas Inspirasi Semarang #2

Tantangan untuk Diri Sendiri