Postingan

Menampilkan postingan dari 2009

Sang Waktu

Dia berlari layaknya jaguar,
memangsa seekor kijang
Dia berjalan,
sepanjang jalan tanpa batas
Dia membuat garis hitam tanpa celah,
diatas kertas putih
Dia sungai yang mengalir deras,
tanda tak akan ada kemarau
Dia mengubah gelap,
jadi cahaya
Dia hadir,
buat rantai hidup yang tak henti
Dia munculkan aku, kau dan mereka pada benda yang disebut dunia
Tak singkat,tak cepat
Dia akan terus mengintaimu,
sampai tiba dia jemu
Tenggelamkanku, kau dan mereka pada kedamaian abadi
Akhir bahagia dan sedihmu,
pada dunia ini



Konfigurasi DHCP dan FTP

Sekarang saya akan berbagi tentang cara konfigurasi DHCP dan FTP pada debian woody 3.0. Sebenarnya bagian setting ini bisa terbilang mudah, karena dalam penggunaannya ini digunakan pada bagian awal konfigurasi.

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
Konfigurasinya dapat dilakukan dengan cara:
1.Saat penginstallan debian, install semua paketnya
2.#apt-cdrom add, untuk penambahan paket dari cd1-9
3.Lalu install paket dhcp dengan cara = # apt-get install dhcpd
4.Setelah dhcp terinstall check dengan cara = #nano /etc/dhcpd.conf
5.Berikut ini adalah contoh file dhcpd.conf yang sederhana:
default-lease-time 3600;
max-lease-time 7200;
option subnet-mask 255.255.255.0;
option broadcast-address 192.168.1.255;
option routers 192.168.1.15; sesuai ip router
option domain-name-servers 192.168.1.15; ip router
option domain-name “dhika.net”;
subnet 192.168.1.0 netmask 255.255.255.0 {
range 192.168.1.60 192.168.1.50;} jumlah ip yang akan dibuat
6.Kemudian restart dhcp dengan perintah = /etc/init.d/dhc…

Menyambut HARDIKNAS dengan Aksi Donor Darah

Gambar
Tanggal 2 Mei lalu merupakan hari pendidikan nasional. Sekolah saya mengadakan upacara menyambut HARDIKNAS yang sekaligus bertepatan dengan hari jadi kota Semarang. Dalam upacara tersebut ada sambutan dari walikota yang dibacakan langsung oleh kepala sekolah. Amanat yang lama juga membahas mengenai ujian nasional dan ujian sekolah untuk kelas XII.

Pada kesempatan istimewa memperingati HARDIKNAS, guru dan siswa mencoba untuk ikut melaksanakan kegiatan positif, yaitu donor darah. Kita semua sebagai pelajar diajak untuk berbagi kepada sesama melalui kegiatan donor darah tersebut. Siswa ikut ambil bagian dalam kegiatan aksi sosial tersebut, tapi sayang yang lolos sampai bisa menjadi pendonor hanya sekitar 20 orang saja.

Mobil unit PMI datang ke sekolah sekitar jam 9 pagi. Acara donor tersebut bertempat di depan ruang perpustakaan sekolah. Siswa kelas XII, tidak banyak yang mengikuti kegiatan donor darah tersebut, dikarenakan bertepatan dengan ujian praktek. Jadwal donor darah kerja sama P…

Ujian Akhir Nasional = Ujian Ajang Nyontek

Gambar
April ini, bisa dibilang sebagai musim ujian untuk siswa seluruh Indonesia baik itu SD, SMP ataupun SMA/SMK. Saya sebagai seorang pelajar yang juga mengikuti ujian nasional masih merasa sangat was-was akan hasil ujian yang akan diumumkan pada bulan Juni minggu ke-2 mendatang. Harapan saya, kami se-kelas bisa lulus dengan nilai yang baik. Sebenarnya pengawasan tidak terlalu ketat, seperti masa try out (baca: ujian penjajakan). Padahal seharusnya pengawasan lebih diperketat karena ujian tersebut adalah ujian nasional bukan lagi try out.

Sebagian besar siswa, termasuk saya tidak pernah menolak untuk mendapatkan jawaban ujian sebelum soal ujian nasional dibagikan. Kita sebagai siswa, jujur merasa sangat terbantu jika mendapatkan bocoran jawaban UAN tersebut. Di beberapa sekolah, tidak termasuk sekolah saya, mendapatkan bocoran jawaban dari TIM SUKSES UAN di sekolah yang tidak ingin membuat siswanya menjadi insan yang luar biasa.


Berbagai media berita, mengabarkan kebocoran soal UAN terjadi …

Remaja, Recycle dan Reduce

Gambar
Pada bulan Maret lalu, sekolah mendapat kesempatan untuk maju dalam tingkat yang bertaraf nasional. Lomba tersebut merupakan salah satu cara untuk remaja berpartisipasi aktif dalam penghijauan lingkungan, baik itu di sekolah maupun sekitarnya melalui recycle dan reduce (baca: daur ulang dan pengurangan sampah). Lomba Eco Youth, mendapat sambutan istimewa, khususnya dari anak KIR (Karya Ilmiah Remaja). Saya yang saat itu menjabat sebagai ketua KIR, mengajak partisipasi aktif dari semua siswa di sekolah.
Ada yang mendukung dan ada juga yang menolak, memang itulah kehidupan. Mereka yang mendukung, memang ingin dua tujuan utama yaitu sekolah bisa menang dan juga turut menghijaukan lingkungan. Ibarat pepatah, “Sambil mendayung, dua tiga pulau terlampaui.” Siswa yang menolak berterus terang kepada saya dengan mengatakan, “Dhik, untuk apa sih buat green house segala? Paling kalau lomba sudah kelar gak ada yang ngerawat lagi.” Saat itu saya berkata dengan pasti, “Karena sekolah kita cinta ling…

Pikiran Penatku

Sudah lama ini jadi pikiran di kepalaku yang bagaimanapun gak pernah bisa aku pecahkan. Akhirnya aku putuskan buat meluapkan semuanya di blog ini. Maaf kalo kamu (blog ini) sekarang malah jadi tempat sampah uneg-unegku. Mungkin sampai sekarang aku merasa terbebani dengan lomba LKS TKJ Desember lalu. Aku merasa bersalah karena gak bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal dalam lomba itu. Aku sedih bukan karena aku kalah, tapi karena aku merasa waktu yang aku gunakan sampai malam belajar di sekolah itu semua sia-sia.




Pak Maman, Pak Roni, Pak Handoyo, Pak Aris, Bu Endang SM, Bu Yuli, Kakak Debian, Achir dan semua orang yang kemarin mendukung, aku benar-benar minta maaf. Aku sudah buat kalian semua kecewa. Kalau waktu diputar lagi mungkin aku akan berjuang lebih keras. Tapi aku sadar itu semua gak mungkin. Maafkan aku sungguh menyesal tidak bisa menghasilkan yang terbaik untuk kalian. Untuk Achir, semangat untuk WSC TKJ di Kanada ya! Aku memang gak bisa sehebat kamu...

Instalasi Debian Woody 3.0

Waktu kemarin aku mencari data tentang Debian Woody yang serba terbatas baik di buku maupun internet. Maka dari itu aku mau membagikan pengalamanku ini,mungkin bisa sedikit membantu untuk orang yang ingin melakukan instalasi Debian Woody 3.0. Debian woody ada 9 buah CD yang terdiri dari : 7 buah CD ISO (CD Binary 1 - 7) dan 2 buah CD Package dan masih menggunakan kernel 2.2 tapi bisa diganti dengan kernel 2.4 kok.

Mari kita mulai Proses Instalasi
1. Masukkan CD Binary 1 kedalam CDROM anda untuk memulai instalasi
2. Pada bagian menu instalasi muncul Opening dialog, di baris paling bawah terdapat :
Welcome to Deal
This is debian …………………………………….
……………………………………………………
Boot : ………………………………
Tuliskan pada,
Boot: bf24
[ENTER]
NB : bf24 itu untuk supaya kita nantinya menggunakan kernel 2.4 bukan 2.2, karena kalo menggunakan kernel 2.2, memakai ipchain. Sedangkan kernel 2.4, memakai iptables.
3. Pilihan bahasa kita memilih EN untuk menggunakan bahasa inggris.
‘ Choose The Language ‘
Pilih bahasa ( EN ).
[ENT…

Apakah Semarang sudah siap?

Gambar
Mungkin banyak warga Semarang yang tampak masih bingung dengan dibuatnya bangunan mirip seperti halte yang banyak di sepanjang jalan trotoar. Jujur, sebagai pengguna jalan trotoar, saya merasa cukup terganggu dengan adanya tempat yang mirip halte tersebut. Bagaimana tidak, kalo setiap pengguna jalan trotoar yang lewat harus dihalangi dengan bangunan berkaca dan harus turun ke jalan raya untuk berjalan, karena halte yang belum difungsikan tersebut ditutup.
Angkutan di Semarang ini tampaknya masih mampu untuk mengatasi masalah penumpang yang ada. Jadi dirasa tidaklah begitu perlu bila membuat angkutan baru yang bisa mengurangi rejeki para supir angkot yang kadang malah angkotnya seringkali kosong penumpang.



Dari sumber yang saya baca sebelumnya, diperkirakan akan ada 6 jalur yaitu :
Koridor I = Penggaron-Mangkang, , ditandai dengan garis warna merah.
Koridor II = Pudakpayung-Terboyo, abu-abu,
Koridor III = Tembalang-Terboyo, hijau muda,
Koridor IV = Banyumanik-Tanjung, Emas kuning,
Koridor V …

Cici in memoriam

Ini postingan pertamaku di tahun 2009, tapi aku gak kira kalo aku akan posting tentang Cici. Kemarin itu dia masih bisa main bareng aku. Aku gendong dia sama Nonot, aku gak nyangka kalo dia pergi secepat ini.

Enam kucingku sama Cici (kelinci putihku) itu biasa makan bareng walau lauknya beda. Harusnya mereka itu rukun, Cici itu padahal gak bersalah masak bisa diserang sama Nico. Aku benci sama Nico.

Kejadiannya sih aku gak tahu pasti, soalnya itu aku udah tidur malem. Kayak biasanya Cici bobok di ruang tamu, Nico, Neo, Nit, Nat, Net, Not bobok di teras depan.
Paginya di depan kulkas waktu ibu udah bangun, ibu lihat Cici udah meninggal. Badannya dimakan sama Nico. Kenapa bisa nyimpulin kalo yang makan Nico? itu karena Nico memang sering banget makan di depan kulkas.

Mulai pagi ini sampai seterusnya, aku gak akan bisa lihat Cici lagi. Semoga Cici tenang disana. Maafin Nico ya, Ci. Dia pasti gak sengaja.