Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Kamis, 11 Desember 2008

Terima Kasih


Mungkin ini posting paling gak jelas yang aku tulis. Aku cuma mau ucapin terima kasih di blog ini. Terutama buat :

*) Wahyu, mksh masih baek banget sama aku. Mksh udah mau benerin motorku.
*) Kakak Debian, mksh udah ajarin aku banyak tentang konfigurasi, walaopun yang terakhir aku tanya kamu gak tau. Tapi makasih banyak.
*) Pak Maman, yang selalu ajarin aku dengan sabar, padahal aku itu gak mudengan ^_^
*) Terspecial, buat ibu. Yang selalu sayang sama aku padahal aku sering lembur sampe malem di sekolah. Mksh. Aku sayang ibu...





Baca Selengkapnya......

Jumat, 21 November 2008

Teater itu apa?

Teater (Bahasa Inggris "theater" atau "theatre", Bahasa Perancis "théâtre" berasal dari Bahasa Yunani "theatron", θέατρον, yang berarti "tempat untuk menonton") adalah cabang dari seni pertunjukan yang berkaitan dengan akting/seni peran di depan penonton dengan menggunakan gabungan dari ucapan, gestur (gerak tubuh), mimik, boneka, musik, tari dan lain-lain. Bernard Beckerman, kepala departemen drama di Univesitas Hofstra, New York, dalam bukunya, Dynamics of Drama, mendefinisikan teater sebagai " yang terjadi ketika seorang manusia atau lebih, terisolasi dalam suatu waktu/atau ruang, menghadirkan diri mereka pada orang lain." Teater bisa juga berbentuk: opera, ballet, mime, kabuki, pertunjukan boneka, tari India klasik, Kunqu, mummers play, improvisasi performance serta pantomim. (copi paste dari wiki)


Sebenarnya yang mau aku omongin bukan itu, tapi lanjutannya ini...



Pagi tadi waktu aku mau ke tembalang, di lampu merah Tugu Muda ada orang-orang teriak di Tugu Muda. Jelas mereka bukan orang gila. Aku tau mereka itu anak Teater di Udinus soalnya salah satu cowok udah aku kenal banget. Aku suka gaya bicaranya mas yang ikut teater itu. Bukan fisiknya lho. Suka cara dia kalo ngelatih anak-anak teater sekolahku, walaupun gak ikut teater tapi aku ikut sering merhatiin dia gitu.

Dia kok jadi kayak orang gila tadi di lampu merah, tapi tetep aja selalu senyum ramah. Udahlah aku bingung mau cerita apa lagi.

Baca Selengkapnya......

Kamis, 13 November 2008

Happy Birthday Achir, Neo dan Nico


Hari ini seorang temanku ulang tahun, namanya Achir. Dia teman yang aku kenal waktu lomba jaringan komputer. Orangnya pinter deh, dia juara 1 tingkat nasional dan baiknya dia orangnya gak pelit ilmu. Sukses terus ya buat kamu, Chir.


Mau tahu yang ulang tahun lainnya?



Aku pernah cerita khan tentang 2 kucingku yang namanya Neo dan Nico yang barusan punya anak 4(Nit,Nat,Not,Net). Mereka berdua sekarang juga lagi ulang tahun yang pertama. Tadi pagi, ibu bikin mie goreng untuk ngerayain ulang tahun Neo dan Nico. Aku gak punya kado spesial, tapi kadonya yang aku kasih tadi cuma ikan pindang kayak hari biasanya.

Met Ulang tahun ya...
Panjang Umur dan Sehat selalu

oYA sekalian disisipin, kemarin Minggu di rumahku kedatangan Cici (kelinci putih). Adikku dapet dari bulik. Cici sekarang tinggal di rumahku. Jadi rumahku sekarang tambah penuh dengan hewan yang lucu-lucu. Selamat datang ya, Cici. Semoga betah di rumah.

Baca Selengkapnya......

Selasa, 04 November 2008

Lalui Semuanya dengan Ikhlas


Aku bingung bikin judul kok sok yeah banget ya???? Ikhlas kok diumbar, tapi ini cuma buat pembelajaran aku aja sih.

Tapi bener kok, ini semua dari pengalamanku sendiri. Mungkin kalo aku pikir terus bulan November ini tidak akan bisa dilalui dengan wajar. Aku cuma bisa masuk magang hari ini dan untuk 2 minggu ke depan harus terus di sekolah untuk persiapan lomba Networking Support.

Aku sebenarnya pengin pulang sekolah awal kayak dulu, jadi bisa tidur di rumah. Mungkin bulan besok baru bisa. Dan yang bikin paling stress pikiran itu semuanya karena guruku yang memberi beban untuk 'berhasil'.

Baca lanjutannya buat tau ceramah kilat guruku....


"Dhik, kamu itu kan kelas 3, ibu harap bisa jadi panutan buat adik-adik kelasmu. Kalo bisa untuk tahun ini jurusan kita bisa juara."

Iya itu kalo bisa juara, udah latihan dari dulu FTP,web server di connect pakai debian woody linux itu gak gampang. Harapanku sih sebenarnya cuma dua, dan aku gak berharap terlalu tinggi untuk menang. Aku cuma berharap selama latihan besok dan seterusnya otakku bisa connect dan paham. Yang kedua, waktu lomba semuanya bisa berjalan lancar. Baik itu untuk aku maupun peserta lomba lainnya.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 17 Oktober 2008

Asam Manis Pedas Pahit Renyah Gurih, Loenpia.net


Loenpia memang enak kalo dimakan rame-rame... tapi loenpianya bukan cuma satu buah tapi satu truk. he... he...

Perjalananku mungkin cukup panjang kalo aku ceritakan secara detail untuk masuk loenpia.net. Mungkin panjangnya gak bisa terukur. halah...

Mungkin orang pertama yang aku kenal dari loenpia itu mas munep. Sebenarnya sih gak kenal-kenal banget. Dia itu orangnya mau berbagi tentang seluk beluk milis. Setelah gabung kok ya masih bingung. Apa aku yang gak mudengan ato milis loenpia itu bener-bener susah? disinilah muncul sosok admin loenpia yang gak baek-baek amat tapi membantu agak banyak mau bilang sedikit kok ya gak enak. Mas lowo ya cuma sebatas membantu lewat email, aku sendiri tetep gak jelas tentang milis.

Selang beberapa lama... Akhirnya aku bisa juga posting di milis, itu karena mas hars dan mas alfin. Mereka itu baek-baek banget mau ajarin sampe tuntas. Dan aku bisa ikut nulis di milis ini walau jarang.

Mau tau pengaruh Asam Manis, Pedas Pahit, Renyah Gurihnya gabung bareng Loenpia?


Asam, ternyata gabung di milis pertama kali itu bener-bener memusingkan karena banyak kendala. Tulisan -tulisan yang ada di milis itu sama sekali tidak sebagus novel ayat-ayat cinta atau laskar pelangi

Manis, Ketemu Mbak Nining pertama kali ternyata dia orang yang enak diajak ngobrol, mukanya juga manis. Orangnya gak ngebosenin. Mas Didut juga , dia yang anterin aku ke warung wedangan, mas budi juga mau nraktir.... :)

Pedas, Kamtib loenpia itu galaknya bukan main, peraturan tetap peraturan. Untuk anggota baru, JANGAN TOP POSTING!!!

Pahit, ternyata susah juga ikut kopdar untuk nyamain waktu sama anggota loenpia lainnya. Mereka itu kayaknya setiap hari banyak waktu kosong terus dan setiap jumat aku mau ikut JAMU mesti ada acara yang bisa bikin batal.

Renyah, semua anak-anak loenpia suka becanda. Apalagi waktu puasa kemarin, umpatannya pake nama makanan semua. Di milis itu kayak ketemu keluarga baru yang bisa bikin kita awet muda karena banyak ketawa juga bisa bikin kita jadi gila. Mas pepenk jago banget deh kalo bikin milis jadi ceria, muka dia itu kayaknya gak pernah ngerasa sedih aja. Bikin orang lain yang kenal dia jadi suka karena dia suka senyum.

Gurih,enak deh gabung di loenpia nie. Nambah sodara, walaupun mereka lebih tua. Anggep aja kayak punya mas, mbak, om, tante, pakdhe dan budhe baru. he..he...

Loenpia rasanya macem-macem dan campur aduk, tapi satu rasa paling indah dari loenpia adalah rasa persahabatan. Bumbu persahabatan ini semoga bisa abadi untuk selamanya. Selamat Ulang tahun ke-3 Loenpia.net. Wah udah mau gede, taon besok udah masuk TK lho, khan taon besok udah 4 taon.

Baca Selengkapnya......

Selasa, 23 September 2008

Keluarga Baru di Rumahku

Hari ini ada something special buat aku waktu tadi sore aku sampai rumah. Di rumah sekarang ada anggota baru, aku punya adik kembar 4, lucu-lucu lagi. Senangnya...

Walaupun aku saat tadi pulang, sudah lahir tiga. Aku cukup senang waktu aku bisa lihat kelahiran adik yang ke-4. Neo, nama kucingku yang baru berumur 8 bulan sudah melahirkan anak 4. Keluargaku sekarang tambah ramai, apalagi tadi kita (baca: aku dan adik2Q) sibuk cari nama yang pas buat ke-4 anggota keluarga baru kami.
Akhirnya aku dan adik2 ku melakukan rapat, memutuskan nama yang cocok untuk ke-4 kucing baru itu adalah...
Mau tau?


Mari absen, nama yang tepat yaitu:
* Nanat, untuk yang warnanya putih polos
* Nonot, untuk yang warnanya hitam putih
* Nenet, untuk yang warnanya coklat putih
* Ninit, untuk yang warnanya campur aduk

Namanya lucu2 khan. Semoga Neo dan Nico bahagia, atas kelahiran anak2 mereka yang lucu-lucu. Untuk foto anak-anak kucingnya menyusul. Ditunggu kado ucapan selamat dari rekan-rekan sekalian. ^_^

Baca Selengkapnya......

Jumat, 12 September 2008

Kacamata Remaja, Masa Depan Indonesia


Orang dengan berbagai latar belakang kehidupan yang berbeda menjadikan kehidupan ini penuh warna. Ada seorang anak yang karena keterbatasan biaya tidak bisa melanjutkan sekolah dan harus menjadi generasi penerus pengemis dan gelandangan muda. Sedangkan sisi lain ada seorang remaja yang karena bergelimpang harta menjadi sombong dan bersikap cuek pada lingkungan, yang menjadikannya calon-calon penerus koruptor masa depan, di mana orang yang kaya selalu terus merasa kurang karena kebutuhan hidup yang semakin tinggi.
Apa sudah tidak ada lagi remaja yang berfikir layaknya manusia normal, dengan memikirkan sesamanya yang membutuhkan?


Sebagai seorang remaja yang hidup di Indonesia, sebagian besar bisa dikatakan acuh pada lingkungan dan sesamanya. Bukan karena mereka kaya, itu hanya sebagian kecil saja. Sebagian besar remaja bersikap cuek bukan karena mereka bergelimpang harta melainkan sok bahwa dia kemampuan mereka sudah diatas segalanya.

Seorang remaja merasa mampu untuk berpikir secara mandiri dan tidak butuh bantuan orang lain. Hanya sedikit diantara banyak remaja berfikir maju ke depan dengan membantu sesamanya lebih membutuhkan. Kepedulian remaja terhadap sesamanya kurang, mungkin dikarenakan komunikasi di keluarga tidak berjalan baik. Sharing antar anggota kelurga harus terus terjalin agar komunikasi tidak putus, itu juga bisa menjadikan kepekaan remaja terhadap sekitarnya bertambah. Biasakan melakukan hal baik sedini mungkin, dan hindarilah hal buruk dari sekarang. Bila seorang remaja peduli akan sesamanya, kelak tidak akan ada lagi yang namanya kemiskinan yang begitu mengakar seperti saat ini. Ingat, bahwa seorang pemimpin masa depan juga dulu pernah merasakan masa remaja! Maka dari itu jadikan masa remaja ini bermanfaat untuk nantinya.


Baca Selengkapnya......

Dunia Seks pada Remaja


Banyak orang menganggap tabu membicarakan tentang seksualitas dan reproduksi pada remaja, padahal tanpa kita sadari hal tersebut sangatlah penting. Orang tua sebagai pembimbing sering tertutup dalam hal ini. Sehingga tak jarang remaja saat ini malah mengetahui secara langsung dari internet tempat dimana semua wawasan secara luas dapat terangkum. Tanpa dibekali bimbingan yang baik, seorang remaja yang emosinya masih labil sering kali tidak dapat mengontrol emosinya, sehingga pengetahuan tentang seks dini yang seharusnya menjadi pengetahuan akan kesehatan reproduksi malah disalahgunakan sebagai hal yang menjurus ke perilaku seks untuk kesenangan semata.

Di bawah ini adalah pemaparan lebih jelasnya…


Kesehatan reproduksi remaja dapat diartikan sebagai suatu kondisi sehat dimana didalamnya menyangkut sistem, fungsi dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Sebagai remaja haruslah menjaga kesehatan reproduksinya. Tidak semestinya seorang remaja melakukan kegiatan seksual yang seharusnya dilakukan hanya oleh sepasang suami istri.

Remaja dalam hal ini bisa dikatakan siap bukan hanya dari fisik semata, tapi juga dari psikis dan ekonomi. Dunia remaja yang kadang kita sebagai seorang remaja bersifat sok dewasa ataupun kekanak-kanakan, menjadikan pribadi ganda yang sering berubah-ubah keinginannya. Maka dari itu hal yang paling tepat adalah dengan kesanggupan untuk mengontrol emosi.

Bagi pelajar seperti kita, sebaiknya memperbanyak aktivitas di sekolah yang bisa memberikan kita pengetahuan lebih banyak. Menjaga pergaulan, bukan memilih-milih teman. Sebagai seorang manusia kita layak berteman dengan siapapun, tapi lebih baik bila kita bisa berteman dengan orang yang bisa memberikan teladan baik untuk kita dan berteman dengan orang yang perangainya buruk dengan harapan kita bisa merubahnya menjadi pribadi yang baik. Masa remaja adalah masa yang menentukan kehidupan ke depannya, tergantung dengan apa yang telah kita lakukan saat ini.


Baca Selengkapnya......

Seberapa Berharganya Hidup Kita?

Saya pernah menulis sebuah cerpen yang di dalamnya bercerita tentang kehidupan remaja saat ini. Tepatnya dua minggu yang lalu saat saya mengikuti lomba cerpen SMA yang diadakan oleh FASE-PEMKOT Semarang. Temanya membahas tentang delima seorang anak pada saat masa pertumbuhannya sebagai seorang anak sampai menjelang remaja. Contoh konkret yang bisa dilihat dengan jelas adalah masih banyaknya anak jalanan yang bersliweran di jalan untuk meminta-minta. Ada juga anak yang kebutuhannya tercukupi tapi merusak masa depannya sendiri dengan menggunakan narkoba.

Sebenarnya seberapa penting arti hidup kita untuk orang lain?...


Satu hal yang penting yang kadang sering kali kita lupa bahwa kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Bermanfaat dalam arti juga berguna untuk orang lain, tapi hanya untuk cakupan hal positif.

Seorang anak jalanan pun bisa bermanfaat untuk orang lain, jadi jangan sampai masa depan yang sudah dimimpikan sirna hanya karena kita melakukan hal negatif (baca: menggunakan narkoba, tawuran). Menjadi seseorang yang berguna untuk orang lain tidaklah sesuatu yang sulit, karena dapat dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita sendiri.
Hidup ini indah, bila kita bisa melihat segurat keindahan itu dari sisi tergelapnya.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 25 Juli 2008

PELATIHAN TEKNISI KOMPUTER DAN OTOMOTIF MOTOR


Dinaskertrans mengadakan pelatihan kursus gratis lagi. kali ini Program pelatihan SKB dari Dinas diadakan di Lembaga Pendidikan Komputer ALFABANK Semarang. Program pelatihan intensif selama 1 bulan ini memungkinkan untuk menambah pengetahuan khususnya program teknisi komputer dan otomotif.

Pengajar sudah teruji di bidangnya, dan sudah di pastikan Anda akan memperoleh pengetahuan yang berguna nantinya.

Buruan Daftar, tempat terbatas!!!
Hanya 15 orang dalam setiap kelasnya....

Anda Berminat?...
Ingin tau lebih jelas?...



Pelatihan di LPK ALFABANK Semarang
Alamat : Jl Kelud Raya 19 Sampangan Semarang
Telepon : 024 8310002

Yang perlu dilampirkan untuk mengikuti pelatihan :

*) Mengisi data diri langsung di ALFABANK, Semarang
*) Surat Keterangan dari Kelurahan
*) Fotokopi KTP 1 lembar
*) Foto Diri Terbaru 3x4 (4 lembar)
*) Foto kopi Ijazah SMA (wajib) dan Ijazah Perguruan Tinggi (bagi yang kuliah)

Semoga info ini dapat membantu. Bagi yang berminat dapat langsung menghubungi ALFABANK, Semarang.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 11 Juli 2008

Orang yang Aku Rindukan


Hari ini itu special banget deh, aku bersyukur banget masih bisa merasakan indahnya hari ini. Tadi pagi jam3 ibu buka pintu kamar, sambil ngebangunin aku. Padahal jam segitu aku lagi mimpi indah mungkin Gara-gara ibu bangunin aku mimpiku jadi gelap.
Gak aku gubris itu ibuku, suaranya hanya aku anggap kayak angin aja. Biarkan mengalir dengan sendirinya. Akhirnya ibu keluar kamar, nyerah gara-gara aku gak bisa dibangunin.
Cukup nyesel juga seh, tau gitu khan bangun dari jam3. Habisnya nyenengin sih. Aku malah baru bangun jam5 pagi. Jam normal untuk bangun tidur.
Waktu itu di ruang keluarga aku lihat orang yang selama ini aku rindukan banget tapi aku sadar itu bukan dia. Hanya mirip dengan nenek yang aku cintai. Nenek yang sekarang telah pergi ke surga.


Mbah Kiswati, dia datang dari Bandung setelah 35 tahun gak pernah datang lagi ke Semarang, tempat dimana dia dilahirkan. Umurnya sekarang sudah 71 tahun. Dia masih tegap berjalan, bisa cerita tentang jaman dulu. Naik bus dari Bandung ke Semarang, sendirian. Aku salut buat seorang wanita yang umurnya sudah cukup tua.
Wajahnya mirip sekali sekali sama nenekku. Mbak Kis itu adalah kakak dari nenekku, jadi aku kayak lihat nenekku sekarang hidup lagi. Wanita yang ingin aku peluk, tapi aku gak bisa. Karena aku gak mungkin bersifat kayak anak kecil khan...
Aku hanya bisa mendengarnya bercerita, sambil tersenyum ke arahnya. Seneng deh.
Moga-moga Mbah Kis mau tinggal di Semarang, karena dia tinggal di Bandung sendirian.
Semoga...

Baca Selengkapnya......

Selasa, 08 Juli 2008

Rasa yang Berbeda


Sekarang aku sudah kelas 3. Sudah hampir memasuki tahap akhir di sekolah lanjutan atas. Langkah baru yang harus di tempuh supaya aku bisa menjadi lebih maju. Suatu kali, dulu sekali aku berprinsip sampai sekarang, bahwa sekolah lebih penting dari pada segalanya. Pikiran yang akan menggangguku harus aku singkirkan untuk kepentingan sekolah.
Aku benar-benar tidak paham, sejak kapan prinsip ini mulai berbalik arah. Juni lalu, ada seorang teman yang bilang bahwa dia suka. Cinta mungkin lebih tepatnya. Aku berteman sudah cukup lama sebenarnya sama dia, tapi jujur aku gak pernah sedikitpun ada perasaan suka seperti yang dia rasa.
Tapi kok aneh ya.... Lama-lama kok ada rasa yang berbeda, rasa yang seharusnya gak boleh ada. Apalagi saat aku sekarang harus lebih fokus sama pelajaran.


Aku coba bertanya sama diri sendiri, apa yang aku butuhkan saat ini? Gak tau lucunya kenapa setelah lama aku nggak menjawab pernyataan dia, malah aku jadi suka. Mungkin suka, atau gak taulah. Aku juga gak jelas sama perasaan ini. Rasa yang pernah ada waktu SMP dulu. Aku bingung gimana?
Jujur sama dia, mungkin bisa bikin aku malu banget. Moga-moga aja dia baca postingan aku ini, jadi aku gak perlu bilang ke dia kalau aku juga punya perasaan yang sama. Semoga aja dia bisa ngerti.
Makasih untuk semua kebaikan kamu. Nulis postingan ini rasanya bener-bener aneh. Aku ngerasa kayak orang bego.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 04 Juli 2008

PELATIHAN KERAMIK SIGAR BENCAH

Bagi Anda mungkin ini terdengar info ini terdengar sangat aneh. Pelatihan selama 30 hari di Sigar Bencah tembalang, pembuatan keramik dengan bahan dasar lumpur lapindo, abu gunung berapi dan juga tanah dari sigar bencah tembalang.

Ikutilah pelatihan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan anda. Atau mungkin juga dapat dijadikan tambahan pengalaman dalam berbisnis kelak.
Anda berminat?
Ingin tau lebih jelas?


Pembimbing : Roy Wicaksono
Tempat : Dekat perumahan Puri Dinar Mas, Meteseh, Tembalang.
Waktu : Senin - Sabtu, jam 08.00 - 14.00 WIB
Sampai dengan tanggal 1 Agustus 2008

Baca Selengkapnya......

Jumat, 30 Mei 2008

Kelas Teknisi, sudah selesai

Gak terasa kelas teknisi selesai juga. Udah seminggu gak pernah lagi ketemu sama mereka, rasanya kangen juga nih....

Walaupun kebanyakan dari mereka sudah lebih dewasa dari aku, karena aku sendiri yang masih sekolah. Sedangkan mereka, udah pada kerja dan kuliah. Rasanya setelah kelas selesai, sepi juga. Nggak ada lagi cerita konyol dari Pak Didik, tampang bego dari Pak Paulus, sifat sok taunya mas Yoga dan masih banyak lagi, itu semua yang bikin aku seneng masuk kelas teknisi.Ternyata punya temen lebih tua dari kita itu gak ada ruginya lho.


Pak Paulus, waktu kelas terakhir teknisi dia traktir kita semua (anak-anak teknisi-pen), di mie atlas. Warung mie kepunyaan dia ini terletak di jalan puspowarno raya di samping Gereja Bongsari, Semarang. Mienya ada macem-macem gak cuma mie ayam dan bakso aja, tapi juga mie brokoli, mie bayam, gingseng. Buat Pak Paulus, kapan traktir aku lagi, khan aku udah bikin iklan tentang mie atlasnya?

Acara terakhir yang bikin kangen untuk sekarang ini. Berakhir dengan foto-foto sok narsis ini. Aku jelas gak ikut foto, karena aku bukan tipe orang yang hobi foto-foto. Buat semua anak teknisi, SEMANGAT ya!!! Jalani selalu hidup ini dengan kerja keras dan pengorbanan.

Baca Selengkapnya......

Kamis, 22 Mei 2008

100 Tahun Kebangkitan Nasional VS Kenaikan Harga BBM


Menghayati 100 tahun kebangkitan nasional (puisi ini diambil dari iklan yang ada di televisi)

Bangkit itu susah,
susah melihat orang lain susah, senang melihat orang lain senang
Bangkit itu takut,
takut korupsi, takut makan yang bukan haknya
Bangkit itu mencuri,
mencuri perhatian dunia dengan prestasi
Bangkit itu marah,
marah bila martabat bangsa dilecehkan
Bangkit itu malu,
malu jadi benalu, malu karena minta melulu
Bangkit itu tidak ada,
tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa
Bangkit itu aku,
untuk Indonesiaku....


Kemarin tanggal 20 mei 2008, negara ini memperingati Waisak dan juga Kebangkitan Nasional. Pada jam 7 malam, semua stasiun tv menyiarkan acara bertajuk nasional tersebut. Acara yang menyadarkan saya, bahwa secara tak langsung pemerintah itu memiliki uang yang banyak tapi cukup pelit pada rakyat.

Kebanyakan atraksi dari TNI dan POLRI, menunjukkan bahwa negara ini adalah negara militer. Sampai-sampai presidennya juga adalah orang dari militer. Dimana yang kuat merasa berkuasa diatas yang lemah. Sewaktu penyalaan obor, saya merasa sebagai putra bangsa belum pernah berbuat apa-apa. Tiba-tiba saja semangat saya berkobar saat itu, semangat untuk bangkit ke arah yang baik. Semoga saja semangat kebangkitan itu bukan hanya terjadi 1 hari saja.

Satu hari setelah pagelaran megah tersebut, terjadi demo dimana-mana. Para pemuda dengan semangat membara bersatu untuk menolak kenaikan harga BBM. Pemerintah mengatakan sudah tidak ada pilihan lain. Kenaikan harga BBM adalah harga mati. Kenaikan harga ini diharapkan kelak semoga negara ini tidak akan menjadi benalu lagi karena sering minta melulu pada negara lain.

Untuk para pemuda yang berdemo, saya anggap bukan hanya menunjukkan ketidaksetujuan saja tapi juga memberikan penyelesaiannya. BLT memang bukan penyelesaian yang bisa diharapkan, karena bisa saja dana tersebut jatuh ke tangan yang tidak jelas. Para mahasiswa saat ini seharusnya memberikan solusi . Yang dibutuhkan sekarang bukan hanya orang yang banyak aksi tapi kesemuanya itu omong kosong. Sampai saat ini saya juga memikirkan solusi apa yang tepat untuk bangsa ini. Bagaimana solusi yang tepat menurut kalian?

Baca Selengkapnya......

Selasa, 13 Mei 2008

Aku jadi ngerasa serba salah

Ada seorang teman yang kelihatannya sekarang lagi sedih deh. Tapi yang aku sayangkan dia nggak mau cerita sama aku. Aku tau orang itu nggak akan cerita sama aku karena dia lebih suka nyimpen masalahnya sendiri.
Satu yang aku nggak habis pikir tentang dia, dia ngerasa nggak ada orang yang peduli sama dia dan semuanya acuh sama dia. Apa ya semua orang kayak gitu? Aku gak pernah bayangin dia yang waktu pertama kali ketemu senyum hangat banget. Orangnya jangkung, kurus walaupun gak ganteng banget tapi dia baek. Dia ajarin aku banyak tentang blog. Namanya gak pernah mau di publish. Sampai kadang aku bingung gimana mau balas kebaikan dia. Waktu aku lagi sedih dia bikin tret buat aku. Tapi waktu dia sedih, aku nggak bisa buatin tret buat dia.
Aku ngerasa mungkin kalau dia baca postinganku ini bakal marah deh. Tapi jangan marah ya? Kita masih temen khan? Maafin aku ya, kalau aku pernah salah sama kamu.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 09 Mei 2008

Pusinkk Capekkk


Hari ini rasanya magang bener-bener capek. Gak tau mungkin efek dari pergi ke Blora kemarin masih terasa. Om-ku lucu deh, mukanya kelihatan serius banget waktu ijab kabul. Kelihatan keren sih pake jas tapi lucu aja liat om-ku udah gede dan sekarang udah punya istri. he..he..

Perjalanan ke Blora dari jam 06.00 - 11.00 lebih. Aku lupa pokoknya sampe sana aku langsung laper pengin makan, tapi gak bisa karena acara baru aja mulai. Waktu sampe acara makan-makan aku langsung cekatan kayak biasanya dan akhirnya aku habis duluan, jadi laper lagi karena liat yang laen belum habis.

Pulangnya kami serombongan mampir ke BLedug Kuwu yang sekarang udah nggak keren lagi. Semburannya gak meletus hebat kayak dulu, waktu aku liat terakhir sih dari TV masih keren. Sekarang obyek wisata yang bisa dibilang tidak terurus itu sudah jelek banget. Tapi loket masuknya Rp 2000,- Mahal kalo menurutku, karena rugi aku ngerasa nonton Bledug Kuwu yang gak keren. Dari pada ke Bledug Kuwu enakan waktu dulu aku sama temen-temen naek gunung Ungaran. Walaupun udah tanahnya longsor tapi tetep keren banget. Aku pengin muncak kayak dulu lagi, bintangnya banyak banget waktu malem tidur di samping batu besar yang bikin kepala sakit, tapi aku seneng, bayarnya juga cuma Rp 1.000,- Waktu turunnya juga lewat Gedong Songo, pokoknya jadi anak pecinta alam dadakan enak banget deh.

Sampai rumah jam 20.40, yang jelas aku capek banget dan langsung tidur. Di Blora bikin males juga sih, soalnya pulsaQ habis aku gak bisa bales SMS dari seseorang padahal aku pengin bales.

Tadi pagi aku harus siap-siap berangkat magang, perasaanku gak enak kalo nanti aku telat lagi. Hp-ku ternyata ada telepon dari sekolah. Pikiranku macem-macem jangan-jangan sekolah marah lagi gara-gara aku bawa flashdisk sekolah sampai sekarang belum dikembaliin. Mungkin juga karena aku banyak bikin onar dan baru ketahuan sekarang, atau yang lebih parahnya aku ketahuan belum bayar SPI padahal batas akhirnya April kemarin. he..he...

Waktu sampai tempat magang, sekolahan telepon lagi, ternyata guruku (Bu Anik) minta tolong sama aku buat ikut Lomba Ajang Kreasi Paskibra (AKP) tapi bukan untuk baris-berbaris, untuk cerdas cermat kelihatannya. Aku juga gak tau pasti, sebenarnya aku ini ngerasa gak pantes aja kalo ikut lomba terus. Aku bener-bener nggak enak sama murid yang laen dikiranya murid kesayangan guru-guru. Kayak kata mas alfin tentang quality VS quantity, aku bukan orang pinter kok, aku itu anak yang biasa aja. Aku cuma suka nulis dan aku gak begitu pinter tentang komputer, aku takut bikin kecewa kalo aku di pilih maju lomba lagi. Aku gak mau jadi orang yang terkenal di sekolah. Tapi aku ini gak bisa nolak permintaan tolong dari orang lain. Gimana nih?

Yaw udahlah, hidup itu ada 24 jam, waktu yang nggak sebentar dan aku akan berusaha memanfaatkannya buat sesuatu yang bermakna dalam hidupku selagi aku masih bisa nafas dengan normal dan bisa berjalan dengan tegak yang lebih penting aku masih bisa meraskan apa yang namanya cinta.

Baca Selengkapnya......

Selasa, 06 Mei 2008

Untukmu yang akan Menikah


Cowok, menurut pendapatku adalah makhluk yang nggak pernah ngerti apa yang diinginkan orang lain. Karena cowok itu egois dan "biasanya" berlagak sok hebat. Merasa bahwa dirinya adalah makhluk yang diciptakan Tuhan paling sempurna. Ada satu cowok yang benar-benar berbeda, dia baek bisa dibilang sholeh, dia rajin ngaji, suka senyum, nggak pernah negative thinking, kalau dia marah hanya diam di kamar tapi tetap mau menjawab semua pertanyaan yang aku ajukan. Kecuali pertanyaan yang menyangkut tentang hal yang membuat dia menjadi bete.

Dulu waktu aku SMP, dia pernah anterin aku ke Java Mall buat cari tas dan juga jaket, dia juga beliin aku kaset F4 (group Taiwan yang lagi beken waktu itu). Kemarin dia SMS aku "Sudah siap di jemput belum?" karena aku nggak naik motor dan saat itu sedang kursus teknisi. Padahal waktu itu dia masih ada di Tembalang. Setiap dia pulang ke Semarang atau berada di Semarang, pasti pinjemin aku laptopnya. Padahal saat itu dia juga lagi butuh untuk buat laporan pekerjaannya di Bandung.
Baek khan, sosok cowok yang baek setelah bapakku tentunya.
Besok tanggal 8 Mei 2008, dia sosok cowok yang sempurna itu akan menikah dengan seorang cewek yang sangat beruntung. Mbak Ita namanya, kelak setelah tanggal 8 Mei itu aku akan memanggilnya bulik. Dia adalah Om Sindhu, om-ku yang baek. Selamat ya om, semoga jadi bisa menjadi keluarga yang sakinah. Dan semoga setelah menikah tetap sayang sama semua keponakanmu. God Bless You...
NB: Sebenarnya aku ambil gambar undangan itu tanpa sepengetahuan omQ. he..he.. Sorry ya, aku sadari bahwa diriku ini memang kreatif. :D

Baca Selengkapnya......

Senin, 05 Mei 2008

Lomba Web di UDINUS

Kemarin Sabtu aku ikut lomba Web yang jelas dari awal persiapan untuk lomba ini aku udah yakin kalo aku pasti gak bisa maksimal. Acara pertama itu ada sambutan dari Rektor UDINUS, Edi Nur Sasongko. Terus pembukaan acara, baru lomba web dimulai. Disana juga ada acara seminar nasional yang membahas tentang WIMAX dengan pembicara orang dari Air Span dan TELKOM.
Lomba bikin web dengan waktu yang relatif singkat (3 jam) padahal lomba web design biasanya aja 6 jam. Aku dan yunita satu kelompok, awalnya kami ragu mau bikin apa. Tapi yang terlintas cuma bikin banner dulu baru content-nya. Pake format html, dan animasi flash bener-bener bikin kembang-kempis waktu lomba. Lomba web ini pengalaman baru buat aku. Waktu yang singkat bikin komunikasi satu tim jadi gak kompak, yang jelas grogi lah waktu segitu harus bikin web lengkap dengan animasinya.
Setelah waktu habis, kami semua keluar untuk mengikuti seminar sebentar selagi juri memeriksa web yang telah dibuat. Satu jam waktu untuk ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan). Dengerin seminar sebentar seru sih pembahasannya tentang base station, tapi aku banyak gak jelasnya soalnya aku ikut gabung di seminar baru jam 14.00, padahal seminar udah mulai dari jam 10.30.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Itu sudah pasti, aku dan yunita sepakat untuk tidak saling menyalahkan karena kita sudah pasti GATOT (Gagal Total). Bener aja waktu acara pengumuman pemenang, juara 1 dan 3 diraih oleh SMK 11 anak jurusan multimedia, dan juara 2 anak SMK di Kudus.
Aku mungkin kurang persiapan waktu lomba jadi hasilnya gak bisa maksimal. Dan ternyata waktu bikin web itu boleh pake CSS, tau gitu khan pake itu dari awal lomba. Bener-bener nyesel soalnya CSS itu gampang daripada html. Templatenya udah jadi kalo pake CSS. Juaranya pake CSS. Lomba web kemarin itu aku jadikan pengalaman yang bisa buat aku untuk lebih baik lagi untuk ke depannya.

Baca Selengkapnya......

Jumat, 02 Mei 2008

Semarang yang sumpek

Hari ini tadi, aku harusnya sudah mulai magang lagi. Tapi karena ada acara buat lomba web besok aku dan yunita harus di sekolah buat latihan. Hari ini benar-benar bikin aku gerah.
Pagi tadi waktu berangkat sekolah, aku lebih suka berangkatnya jam nge-pas dengan bensin di motor yang juga nge-pas. Jadi kalo sampai sekolah langsung masuk dan pelajaran. Penginnya sih gitu. Jam menunjukkan pukul 06.45 WIB aku langsung berangkat dengan motorku yang penuh dengan sejarah alias bekas lecet dimana-mana karena aku sering gak bener kalo bawa motor. Aku lewat Jalan Pemuda, terkejutlah diriku yang hampir telat ini, apalagi pagi tadi ada upacara. Semua kendaraan harus puter arah ke jalan Pemuda. Buset udah waktuku mepet aku harus sampai sekolah dengan waktu yang relatif singkat. Biasanya gak macet kayak gini, biasanya cuma butuh waktu kurang dari 15 menit aku sampai ke sekolah, tapi tadi lebih dari setengah jam.
Pulangnya dari sekolah juga jalan Arteri padat merayap. Bener-bener gak bisa jalan dengan longgar kayak biasanya padahal aku naek motor aja lamaaaaa apalagi yang naek bus ato mobil pribadi.
Ulang tahun kota Semarang yang gak setiap hari itu bisa membuatku jadi stress seketika. Ditambah bensin yang mepet padahal rumah masih jauh. Itu karena banyak berhentinya daripada jalannya. Semua jalan pusat kota ditutup total, dengan tulisan
"HINDARI KAWASAN SIMPANG LIMA TANGGAL 2 MEI 2008 PADA PUKUL 1700-24.00"
Jam 17.00, kok dari jam 07.00 udah di tutup, ah bikin males aja nih. Semarang harusnya dibikin jalan layang jadi biar gak sumpek lagi kayak gini. IBU uang sakuku ternyata juga nge-pas nih!

Baca Selengkapnya......

Senin, 21 April 2008

3 Hari mengenal Ayat - Ayat Cinta


Film dan bukunya mungkin sudah dibaca jutaan orang. Tapi jujur aku baru baca dan nonton film itu baru kemarin tanggal 18-20 April 2008. Itu juga karena kebetulan aku punya film dalam bentuk flv lalu aku tonton di laptop om-ku yang kebetulan nangkring di atas meja. Langsung aja aku nonton film ayat-ayat Cinta itu. Dari jam 11-12 malem. Rasanya pas tengah malem aku jadi takut, akhirnya aku putusin untuk tidur dan ngelanjutin nonton besok pagi.
Paginya, malah bangunku kesiangan, jadwal yang sudah aku rencanakan batal sudah karena aku harus berangkat sekolah. Aku baru bisa ngelanjutin nonton ntu film baru sekitar jam 9 malem. Pas malem minggu nonton film ayat-ayat cinta sambil diganggu oleh adik-adikku yang kalo nangis bisa bikin kepalaku puyeng.
Lha lagi-lagi aku adalah manusia yang serba kebetulan, Hari Minggu kemarin bulikku maen ke rumah sambil bawain buku terkenal karyanya Habbiburahman El Shirazy yang berjudul Ayat-ayat cinta. aku langsung baca buku itu dan selesai baru sekitar jam 11 malem. Tiga hari perjalananku mengenal ayat-ayat cinta ini. tapi aku salut kok Kang Abik kok bisa-bisanya dapet inspirasi sebagus itu ya...

Baca Selengkapnya......

Kamis, 17 April 2008

Roda Kehidupan

Aku bisa ingat tentang kejadian hari Rabu seminggu yang lalu, dimana aku seneng banget karena bisa menang lomba cerpen. Tapi hari Rabu kemarin bener-bener bikin aku jadi gak karuan. Rasanya kayak bingung yang udah campur aduk.

Nenekku hari itu pergi ke tempat yang indah untuk selama-lamanya. Mungkin hanya satu kata yang bisa membuat nenekku tenang disana, "IKHLAS". Aku dan semua keluarga sudah ikhlas buat nenekku. Semoga tenang disana, kami semua sayang nenek. Salam peluk dan cium dariku untukmu, nenekku.

Aku besok sabtu ada technical meeting di UDINUS buat lomba web design. Doakan aku semoga aku bisa berhasil dengan baik. Paling nggak semoga aku bisa melakukan hal yang terbaik.

Baca Selengkapnya......

Rabu, 09 April 2008

Selalu Bersyukur

Tadi di sekolah masuk jam 9 soalnya kelas 3 pada ujian penjajakan. Enaknya lagi hari ini aku malah gak masuk sekolah, soalnya tadi waktu sampai di sekolah di kabarin kalo cerpen yang aku ikutin lomba masuk 10 besar. Akhirnya, aku sama guru pembimbingku pergi ke STIKUBANK Sampangan buat cari tahu siapa yang juara sekaligus ikutan seminar sastra.
Asiknya gak ikut pelajaran...
Disana serba deg-deg-an. Soalnya ini lomba cerpen tingkat Jawa Tengah dan DIY. Yang dateng cuman sedikit, dari SMA 1 Semarang, SMA Futtuhiyah Mranggen, SMK Theresiana dan sekolahku SMK 2 Semarang.
Seminar sastra seru sih, tapi lebih seru waktu pengumumannya. Juara harapan dibacain namaku ndak ada, aku jadi takut kalo kalah, tapi ternyata waktu juara III namaku dibaca. Wuihtzzz tingkat Jawa Tengah akhirnya aku bisa menang juga. Juara II anak SMA 1 namanya Pipit. Juara 1 dari SMA di Kendal.
Aku seneng banget deh... Terima kasih pada semuanya yang selama ini telah men-support aku sampai jadi seperti ini.

Jadikan inspirasimu seperti air yang terus mengalir
buatlah kesejukan itu terus tercipta...

Baca Selengkapnya......

Selasa, 08 April 2008

Catatan Sekolah Koe TCP/IP

Merupakan sekumpulan protokol yang melakukan fungsi komunikasi dataantar komputer dalam sebuah LAN atau WAN.
TCP/IP mempunyai layanan awal yaitu FTP (File Transfer Protocol), yaitu protokol antar komputer yang dapat saling mengirim file.
Layanan-layanan dalam internet WWW, menggunakan protokol HTTP. Untuk email ada tiga protokol, SMTP untuk pengiriman email, POP dan IMAP untuk mengambil email dari server.
Empat lapisan kumpulan protokol :
1. Network interface layer : mengirim dan menerima data
2. Internet Layer : bertanggung jawab dalam proses pengiriman
3. Transport Layer : protokol komunikasi
4. Application Layer : aplikasi dalam TCP/IP

Penyusunan IP Address
IP Address merupakan bilangan biner 0 dan 1.

Bentuk umum IP :
11000000.10101000.00010100.00000001
dibaca : 192.168.20.1

Cara menghitungnya :
Contoh: 00010100
membaca dimulai dari kanan menuju ke-1 pertama
Hitung: (2*2) + (2*2*2*2) = 20

Cara melihat koneksi IP:
Click Start --> Control Panel --> Network Connection --> Local Area Network --> Properties --> Internet Protokol TCP/IP --> Properties --> Lalu isi pada use the following IP Address lalu DNS-nya juga
Contoh:
IP Address : 192.168.0.81
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
DNS: 202.124.1.10
Alternative DNS : 202.124.2.5 lalu click Ok

Lihat koneksi sudah connect atau belum, jika belum lihat crimping cable dan coba repair atau disable lalu enable kembali. Rangkuman ini hanya untuk membantu sedikit buat semuanya yang ingin tahu tentang TCP/IP

Baca Selengkapnya......

Selasa, 25 Maret 2008

Kejahatan yang dilakukan oleh 2 anak SD


Sebelum ini saya selalu merasa bahwa anak kecil adalah manusia yang masih lugu dan tidak berdosa. Dan saya selalu senang bila berada di dekat anak kecil yang menurut saya sangat lucu. Tapi kejadian kemarin itu menyadarkan aku bahwa anak kecil tidak semuanya lugu malah banyak anak kecil saat ini terjerumus dalam hal maksiat yang menjadikan dirinya kejam.

Adikku, Yoseph adalah korban dari kekerasan yang dilakukan oleh anak kecil juga yang merupakan kakak kelasnya. Yoseph bukan tipe anak yang kalau dipukul langsung melawan, dia merupakan anak yang lebih sering diam, hingga aku sendiri tidak menyadari bahwa kemarin adikku bagian bawah mulutnya sudah memar karena bekas pukulan dan perutnya kaku karena ditendang.

Sebagai seorang kakak jujur aku tidak terima bila adikku sendiri diperlakukan sedemikian buruk. Kejadian ini bermula saat Yoseph memergoki Afi (baca : saudaraku anak bulik), mengambil uang Yoseph di eksel (baca : lemari bajunya). Afi adalah saudaraku yang juga merupakan kakak kelas Yoseph. Jadi tidak ada yang curiga padanya, tapi tidak taunya dia malah mengambil uang adikku. Dan saat adikku mengetahuinya dia malah dipukul dengan kayu yang tergeletak di depan rumah. Afi setelah kejadian itu takut lewat di depan rumah, tapi dia memang merupakan salah satu anak pengecut yang hanya berani berlindung dibawah ketiak temannya. Salah seorang temannya yang bernama Arif, memukul adikku sampai bibirnya berdarah. Padahal sebelumnya adikku tidak mengenal anak yang bernama Arif yang merupakan kakak kelasnya, teman sekelas Afi.

Kemarin Yoseph ke rumah sakit Karyadi buat di visum, lalu ibu meneruskan ke kepolisian. Tapi polisi malah tidak menanggapi dengan serius dan merasa bahwa ini hanya masalah anak kecil. Ibu tadi juga ke SD Bulu 02, buat bertemu dengan wali kelas Afi. Sebenarnya aku benci dengan yang namanya kekerasan. Aku sendiri saja tidak pernah memukul adikku, malah orang lain memukul dia sampai kayak gitu. Aku akan berusaha maafin anak kecil itu, walaupun sebenarnya sakit untuk memaafkan orang yang pernah melukai salah satu dari orang yang aku sayangi. Anak kecil adalah anak yang tumbuh dengan melakukan apa yang dilihatnya. Jika orang tua mereka sendiri berperangai buruk,jangan harap anak bisa sopan seperti anak keraton.

Hidup ini memang kejam, kejam dan tajam ....

Tajam...
Setajam silet...

Baca Selengkapnya......

Senin, 17 Maret 2008

EGP (Emang Gue Pikirin) merajalela Indonesia

Judul di atas bukan semata - mata ditujukan hanya pada Maia Ahmad dan Mei Chan sebagai orang yang mempopulerkan lagu tersebut. Lagu tersebut tampaknya merupakan simbol bahwa saat ini kebanyakan orang yang hidup di Indonesia pada umumnya atau warga Semarang pada khususnya lebih banyak berfikir egois. "Emang gue pikirin." Lagu yang benar-benar tidak mendidik moral secara baik malah menjatuhkan. Orang cenderung memikirkan diri sendiri tanpa melihat kondisi orang lain di sekitarnya. Seperti konsep SPA (Semarang Pesona Asia) yang diselenggarakan Agustus 2007 lalu. SPA hanya memikirkan "kepentingan orang mampu."

Kemarin saya mengendarai motor di Jalan Dr. Sutomo. Sewaktu lampu merah di samping Gereja Kathedral, saya melihat banyak anak jalanan berlarian sambil berkata, "Ada Polisi, satpam! Lari!" Kelihatannya itulah kata-kata yang mereka ucapkan. Walaupun akhirnya tidak ada satpam maupun polisi yang akan menangkap mereka,tapi phobia sewaktu bertemu dengan polisi dan satpam itu bisa dirasakan seumur hidup pada jiwa anak jalanan yang masih sekecil itu. Hal itu tidak akan terjadi jika KITA tidak berfikir secara egois. Kita harus memikirkan nasib sesama yang lebih membutuhkan.

NB : Saya menulis artikel ini , supaya bisa menyadarkan kita bahwa masih banyak orang yang membutuhkan bantuan kita saat ini, detik ini.

Baca Selengkapnya......

Rabu, 12 Maret 2008

Gie in memoriam

Soe Hok Gie dibesarkan di sebuah keluarga yang tidak begitu kaya dan berdomisili di Jakarta. Sejak remaja, Hok Gie sudah mengembangkan minat terhadap konsep-konsep idealis yang dipaparkan oleh intelek-intelek kelas dunia. Semangat pejuangnya, setiakawannya, dan hatinya yang dipenuhi kepedulian sejati akan orang lain dan tanah airnya membaur di dalam diri Hok Gie kecil dan membentuk dirinya menjadi pribadi yang tidak toleran terhadap ketidakadilan dan mengimpikan Indonesia yang didasari oleh keadilan dan kebenaran yang murni. Semangat ini sering salah dimengerti orang lain. Bahkan sahabat-sahabat Hok Gie, Herman Lantang bertanya "Untuk apa semua perlawanan ini?". Pertanyaan ini dengan kalem dijawab Soe dengan penjelasan akan kesadarannya bahwa untuk memperoleh kemerdekaan sejati dan hak-hak yang dijunjung sebagaimana mestinya, ada harga yang harus dibayar, dan memberontaklah caranya. Semboyan Soe Hok Gie yang mengesankan berbunyi, "Lebih baik diasingkan daripada menyerah pada kemunafikan."
Masa remaja dan kuliah Hok Gie dijalani di bawah rezim pelopor kemerdekaan Indonesia Bung Karno, yang ditandai dengan konflik antara militer dengan PKI. Soe dan teman-temannya bersikeras bahwa mereka tidak memihak golongan manapun. Meskipun Hok Gie menghormati Sukarno sebagai founding father negara Indonesia, Hok Gie begitu membenci pemerintahan Sukarno yang diktator dan menyebabkan hak rakyat yang miskin terinjak-injak. Hok Gie tahu banyak tentang ketidakadilan sosial, penyalahgunaan kedaulatan, dan korupsi di bawah pemerintahan Sukarno, dan dengan tegas bersuara menulis kritikan-kritikan yang tajam di media. Soe juga sangat membenci bagaimana banyak mahasiswa berkedudukan senat janji-janji manisnya hanya omong kosong belaka yang mengedoki usaha mereka memperalat situasi politik untuk memperoleh keuntungan pribadi. Penentangan ini memenangkan banyak simpati bagi Hok Gie, tetapi juga memprovokasikan banyak musuh. Banyak interest group berusaha melobi Soe untuk mendukung kampanyenya, sementara musuh-musuh Hok Gie bersemangat menggunakan setiap kesempatan untuk mengintimidasi dirinya.
Tan Tjin Han, teman kecil Hok Gie, sudah lama mengagumi keuletan dan keberanian Soe Hok Gie, namun dirinya sendiri tidak memiliki semangat pejuang yang sama. Dalam usia berkepala dua, kedua lelaki dipertemukan kembali meski hanya sebentar. Hok Gie menemukan bahwa Tan telah terlibat PKI tetapi tidak tahu konsekuensi apa yang sebenarnya menantinya. Hok Gie mendesak Tan untuk menanggalkan segala ikatan dengan PKI dan bersembunyi, tetapi Tan tidak menerima desakan tersebut.
Hok Gie dan teman-temannya menghabiskan waktu luang mereka naik gunung dan menikmati alam Indonesia yang asri dengan Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) UI. Selain itu, mereka juga gemar menonton dan menganalisa film, menikmati kesenian-kesenian tradisional, dan menghadiri pesta-pesta

Baca Selengkapnya......

Selasa, 11 Maret 2008

Banyak hal telah terjadi

Waktu memang terus berjalan dengan membosankan. Hari-hari kayak biasanya, gak ada yang istimewa. Aku rasanya mulai bosan dengan hari-hari yang terus lewat. Ada satu temen lagi yang aku kenal dari SMK1 kendal namanya Lutfiah, panggilannya Lulut. Dia enak diajak ngobrol, pokoknya aku seneng aja dapet temen baru.
Aku bosan dengan rutinitas ini....
benar-benar sudah penat dan aku mau mencari jalan baru yang bisa aku tempuh.

Baca Selengkapnya......

Kamis, 06 Maret 2008

tentang sahabat

embun-embun menetes pada rumput-rumput yang menari
mobil-mobil berjalan dengan roda-roda yang saling mengejar
lampu-lampu kota berkelip menyaingi bintang-bintang
gedung-gedung mewah menjulang menandingi langit-langit angkasa
dimana kau kawan?
kita yang bercengkrama
dulu selalu bercanda untuk sekadar meneguk tawa
kini hilang sudah
kau lenyap
aku mencarimu...
mencarimu...
lagi... lagi...
dan terus menanti
daun-daun berguguran diantara pohon-pohon yang telah tumbang
kau tetap tak ada disini
aku sendiri
terus menunggu untuk kau kembali
seruan sahabat sejati
kita pasti bisa bertemu
tak tahu kapan nanti
aku menunggu kau sahabatku

Baca Selengkapnya......

Rabu, 05 Maret 2008

saat ini dan nanti

Kala dimana jiwa merenung
muram
memikirkan tentang dunia
hidup ini penuh....
kelam
kemunafikan
kebencian
keserakahan
keonaran
mereka yang ingin bergelut dalam rasa
awan hanya bisa mengikuti mentari yang yang mengiringi
hidup hanya fana tanpa asa
berdiri menanti cahaya baru yang menjadikan damai abadi
menanti hari dimana kita tak berpijak di bumi lagi
bermain dengan malaikat
dan tanpa ada jiwa yang merenung sendiri
semua abadi sudah

Baca Selengkapnya......

Selasa, 04 Maret 2008

Magang again....

Hari ini magang hari ke-2. Aku masuk siang pulangnya nanti jam 7 malem. Masih sama kerjaannya input data dan scan buku. KursusQ mulai besok tanggal 25 Maret jamnya 14.30-16.30, itu tandanya pulang magangku nanti jadi tambah malem. Kalau gak ya aku baru pulang magang jam 9 malem. Soalnya disini kursus yang diikutin itu di luar jam magang. Ada temen baru sekarang karena aku masuknya siang, namanya Zuhro dan juga Reni. sama kayak Titian (sorry kemarin aku bilang namanya Tizan) mereka itu anak SMK1 Kendal juga. Kalau magang rame-rame sih enak. Tapi nanti mereka udah selesai tanggal 15 Maret aku jadi sendirian. lonely deh...
Disini gak bisa buka friendster, jadi cakupan aku cuma sekadar blog aja.

Baca Selengkapnya......

Senin, 03 Maret 2008

Akhirnya magang

Postingku tadi barusan error aku jadi males nulis....
Hari ini pertama aku magang. disuruh scan sama input data, itu sih sebenarnya gak sesuai sama jurusanku. Oya aku kenalan sama anak magang baru namanya Tizan, dia anak SMK1 kendal. Rumahnya ya, di Kendal.
hari ini aku mau ke pameran buku di Sriwijaya. Kali aja aku bisa dapet bukunya Soe Hok Gie. yang "catatan seorang demonstran".
magang pertama rasanya biasa aja. Tapi enaknya magang disini aku dapet pelatihan jaringan gratis. Itu yang bikin seneng.

Baca Selengkapnya......

Kamis, 21 Februari 2008

Mau magang nich

Akhirnya tinggal tunggu waktu seminggu lagi aku akan magang. jadi rasanya aku tambah deg-degan. maunya sih gak usah magang aja, tapi gimana lagi itu sudah tuntutan sekolah. curhatnya segitu dulu ya! nich aku mau ikut pelatihan design grafis dulu...

Baca Selengkapnya......

Senin, 04 Februari 2008

PerWil Semarang saat ini

Suasana di PerWil sekarang makin hari makin bikin kesel aja. Hari ini pulang sekolah habis ikut ekskul aku mampir ke Perwil buat ngembaliin + pinjem buku lagi. Ritual kayak biasanya, aku cari buku yang aku suka, baca sebentar trus ke tempat peminjaman buat pinjem buku. Lha yang bikin kaget waktu mau pinjem buku! Gimana nggak, buku yanng biasanya bisa pinjem 4 buah sekarang cuma boleh 2 buah. Kalau caranya gitu bisa-bisa aku bakalan sering bolak-balik perwil. Padahal jarak rumah sama Perwil itu lumayan jauh. Aku cuma nggak habis pikir aja, Kenapa hanya boleh pinjem 2 buku? peraturan baru kok menyiksa? Harusnya gak kayak gitu, demi kelancaran bersama lebih baik kayak dulu aja deh. Diubah-ubah malah gak baik dan juga nggak enak bikin kita "peminjam" tambah nyaman tapi malah membuat tambah males ke Perwil. Apalagi nanti kalau kartu anggotanya habis harus perpanjangan yang harganya lebih mahal nggak kayak biasanya. MALEZZZZ>>>>>>>>

Baca Selengkapnya......

Sabtu, 19 Januari 2008

Terima Raport

Hari ini terima raport semester. Aku tegang banget, soalnya sampai sekarang ibuku masih belum sampai sekolah. Aku udah tau nilai raportku, lumayanlah. Tapi ada yang jelek juga. Rasanya nyesel banget karena waktu test gak serius. Aduh.... Aku males nih raportku bener-bener nilainya nggak maksimal. Aku akan coba lebih serius buat semester depan. SEMANGAT!!!

Baca Selengkapnya......

Jumat, 18 Januari 2008

Ikut Pelatihan Internet

Hari ini aku ikut pelatihan internet di ALFABANK. Aku kira tadi telat dateng soalnya pertama katanya mulai jam 2 siang, ternyata malah jam 3. Paling nggak aku jadi lega. Soalnya, aku nggak telat, waktu itu penting. Aku nggak mau aja kalau dibilang aku orang yang nggak disiplin waktu. Pelatihan internet ini kayak biasanya aku jadikan pengalaman baru buat aku. Sayangnya friendster di ALFABANK di block jadi nggak bisa dibuka. Nggak seru ya? Tapi nggak apa-apa, paling nggak liburan semesteran ini berguna dengan aku ikut pelatihan ini. Friendster nggak bisa dibuka nggak masalah, yang penting yang lain kan bisa! Betul nggak...

Baca Selengkapnya......

Kamis, 17 Januari 2008

Masalah Floppy Drive

Hari ini aku lumayan bingung, soalnya tadi pagi aku baru nyadar kalau disk driveQ rusak. Padahal udah aku disk cleaner juga masih belum bisa. Aku lihat di setting bios kelihatannya udah bener semua. Aku nggak tau lagi harus gimana buat benerin itu disk drive. Yang muncul waktu tadi aku mau masuk ke floppy disk itu ada tulisan kalau: " id addressnya tidak ditemukan dan error. Apa disk drive ada id-nya? Yang bikin tambah bingung lagi, waktu aku coba format itu bukan cuma disketnya aja yang nggak bisa tapi program windowsnya unable. Minta tolong deh buat yang tahu cara benerinnya tolong kasih solusi di comment? Thanks....

Baca Selengkapnya......

Senin, 14 Januari 2008

Liburan yang Menegangkan

Aku mau curhat nih. dari tanggal 7 - 19 aku libur sekolah. tapi pas tanggal 19 nanti terima rapor semesteran gawat deh! Aku takut aja kalau nanti hasilnya mengecewakan, soalnya waktu ujian terakhir aku nggak sempat belajar serius itu juga karena aku lagi gak enak badan. Aku berharap aja yang terbaik dan aku ingin raporku besok yang diambil tanggal 19 nggak akan mengecewakan aku terlebih ortuku. Semoga aja........

Baca Selengkapnya......

Kamis, 03 Januari 2008

Met Tahun Baru 2008

Tahun Baru gak ada yang spesial. Kayak biasanya aja, gak pergi kemana-mana cuma nongkrong di kamar sambil nonton UNGU di TV. Oya aku mau cerita kemarin aku libur sekolah mulai tanggal 28 Des 07 - 2 Jan 08, aku lagi sibuk-sibuknya bikin cerpen yang ditugasin sama guruku. Sebenarnya aku nggak sreg sama tema cerpennya, tapi akhirnya aku buat juga soalnya aku harus bisa lakukan yang terbaik buat diriku sendiri. Dan kemarin itu cerpennya baru kelar. Targetnya sih bikin 9 cerpen, tapi ternyata aku bisa hasilin 10 cerpen. Padahal aku nggak pernah nyangka sebelumnya kalau aku itu bisa.
Rencanaku buat tahun yang baru ini, aku pengin banget bisa buat satu novel yang bisa diterbitin dan juga aku pengin lebih baik lagi dari tahun kemarin.
Sekali lagi Met Natal 2007 dan Tahun Baru 2008, walaupun telat gak apa-apa khan!

Baca Selengkapnya......