Seberapa Berharganya Hidup Kita?

Saya pernah menulis sebuah cerpen yang di dalamnya bercerita tentang kehidupan remaja saat ini. Tepatnya dua minggu yang lalu saat saya mengikuti lomba cerpen SMA yang diadakan oleh FASE-PEMKOT Semarang. Temanya membahas tentang delima seorang anak pada saat masa pertumbuhannya sebagai seorang anak sampai menjelang remaja. Contoh konkret yang bisa dilihat dengan jelas adalah masih banyaknya anak jalanan yang bersliweran di jalan untuk meminta-minta. Ada juga anak yang kebutuhannya tercukupi tapi merusak masa depannya sendiri dengan menggunakan narkoba.

Sebenarnya seberapa penting arti hidup kita untuk orang lain?...

Satu hal yang penting yang kadang sering kali kita lupa bahwa kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Bermanfaat dalam arti juga berguna untuk orang lain, tapi hanya untuk cakupan hal positif.

Seorang anak jalanan pun bisa bermanfaat untuk orang lain, jadi jangan sampai masa depan yang sudah dimimpikan sirna hanya karena kita melakukan hal negatif (baca: menggunakan narkoba, tawuran). Menjadi seseorang yang berguna untuk orang lain tidaklah sesuatu yang sulit, karena dapat dimulai dari hal-hal kecil di sekitar kita sendiri.
Hidup ini indah, bila kita bisa melihat segurat keindahan itu dari sisi tergelapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Happy Birthday Achir, Neo dan Nico

Bersiap untuk Kelas Inspirasi Semarang #2

Tantangan untuk Diri Sendiri